Emas Putih vs Platina

Yak, ketika suatu saat kita mengunjungi sebuah toko emas, di sana kita biasanya akan menjumpai berbagai jenis perhiasan emas antara lain emas kuning, emas putih, dan kalau kita ke toko emas besar maka kemungkinan kita juga akan menjumpai jenis platina yang sama-sama berwarna putih. Well, lalu apa si sebenarnya ketiga makhluk perhiasan itu?? Apakah emas putih yang beredar dipasaran toko emas kebanyakan itu sebenarnya adalah platina??

Berikut adalah hasil kesimpulan dari mencari di sana-sini :)
Dalam tabel periodik, kita dapat menjumpai emas dengan simbol Au yang memiliki nomor atom 79. Au merupakan singkatan dari Aurom dari bahasa latin yang artinya bersinar terang. Sesuai dengan namanya, emas murni berwarna kuning mengkilat dan sering disebut juga dengan fine gold. Sifat bahannya lebih lembut dibanding perak namun lebih sedikit keras bila dibandingkan dengan timah. Karena sifatnya yang lunak, maka bila digunakan untuk perhiasan, emas akan selalu dicampur dengan logam-logam lain sehingga lebih keras dan didapatkan efek warna yang sesuai dengan keinginan. Emas murni yang dicampur dengan tembaga akan menghasilkan efek visual warna merah. Emas murni yang dicampur perak akan menghasilkan efek visual warna hijau. Emas murni yang dicampur nikel akan menghasilkan efek visual warna putih. dan juga emas murni yang dicampur palladium akan menghasilkan efek visual warna putih.
Oya, Biasanya emas yang beredar di pasaran akan memiliki kadar emas dengan persentase 75% sampai 90% saja.

Di kebanyakan toko emas, emas putih sebenarnya adalah emas kuning yang disepuh sehingga menjadi putih. Jadi sebenarnya bagian dalamnya emas nya kuning tetapi kemudian bagian luarnya dilapisi warna putih hasil sepuhan dengan rhodium sehingga kelihatan putih cemerlang. Anyway, ada beberapa kalangan di masyarakat yang mengira kalau emas putih itu platina/platinum. Platina dan emas putih ini berbeda meski sama-sama berwarna putih. Dari satuannya, jika dalam emas dikenal istilah karat, maka pada platina dikenal dengan Pt yang digunakan untuk satuan kemurnian Platina. Contohnya adalah Pt 900, Pt 950, dan Pt 1000. Pt 900 berarti perhiasan mengandung platina 90 persen. Perhiasan platina yang beredar di toko perhiasan umumnya memiliki kandungan platina Pt 900 dan Pt 950. Namun kadangkala ada juga yang memiliki kandungan Pt 1000 (platina murni) tapi sangat jarang karena harganya pastinya sangat mahal.
Dengan ukuran yang sama, platina memiliki bobot dua kali lebih berat daripada emas. Harganya pun per gramnya juga lebih mahal, yaitu lebih dari dua kalinya harga emas.

Lalu bagaimana cara membedakan platina dan emas putih??
Sebuah lapisan emas, jika tergores maka atom-atom emas ini akan benar-benar hilang sehingga meninggalkan daerah kosong yang tidak ditempati oleh atom emas. Sebuah goresan mikro pada emas putih jika dibiarkan lama maka akan menimbulkan efek kuning dan tidak mengkilat. Beda halnya dengan platina, Jika sebuah lapisan platina tergores maka atom-atom nya tidak hilang namun cuma bergeser tempat. Artinya, atom platina masih ada.
Inilah kenapa setelah beberapa lama, maka perhiasan dari emas perlu disepuh kembali agar tetap kelihatan mengkilat seperti baru. Sedangkan perhiasan platina yang terlihat tidak mengkilap lagi tidak diperlukan penyepuhan tetapi cukup di polish/burnish-kan ke toko perhiasan platina.

Diambil dari berbagai sumber hasil googling :)

More on AndhySukma.com :

Macam-macam Bisnis via Internet
Investasi dan Spekulasi
Self Leadership
Pelajaran hari ini : Efektif dan Efisien
Backup MySQL Database Regularly using Shell Script
Load MySQL Database from Spreadsheet using Shell Script
Menghemat Bandwidth Hosting

4 thoughts on “Emas Putih vs Platina

  1. @oqhie,
    Beberapa toko emas yang pernah saya kunjungi tidak ada yang menjual platina batangan. Bahkan cincin platina pun jarang yang ada.

  2. kalo Pen dari platina biasanya pt berapa ya mas? dan bisa di lebur tuk dibuat perhiasan ngga ya? satu lagi seandainya bisa apa punya informasi dimana tempat pembuatannya.
    thanks.

  3. Bos saya mau tanya platinium dengan platinum itusama ga sih.. Saya punya batangannya platinium. 4 ons. Mau dijual. Tapi binggung dengan harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>