Excel : Mode R1C1 Reference Style dan mode A1 Reference Style

Setelah sekian lama menggunakan excel, ternyata baru tahu bahwa excel itu memiliki dua mode reference style. Yaitu mode reference A1 dan mode reference R1C1. Awal mula kejadiannya adalah suatu hari aku menerima file excel dari partner di luar negeri sono dimana ternyata bagian rows and columns pada sheet excel tersebut memiliki label berupa angka semua.
Contohnya seperti berikut :

Nah, biasanya kan untuk label rows berupa angka sedangkan label colums berupa huruf. Contohnya seperti berikut :

Setelah mencari tahu lebih jauh, ternyata yang label rows berupa angka dan labels colums berupa huruf disebut dengan mode A1 reference Style. Sedangkan yang label untuk rows dan colums nya sama-sama berupa angka itu disebut dengan mode R1C1 Reference Style.
Pada mode A1 reference Style, E15 menunjukkan row ke 15 dan Colum E, sedangkan pada mode R1C1 Reference Style akan berupa R15C5 yang menunjukkan row 15 dan colum 5.

Pada mulanya si cuek aja dan tidak memperhatikan efek dari label colums yang berupa angka tersebut, namun sewaktu ingin menggunakan operasi yang menggunakan rumus-rumus excel ternyata menjadi asing dan tidak tahu bagaimana caranya karena tidak terbiasa dengan cara mode tersebut :( Kalau tidak percaya, coba lihat gambar mode R1C1 di atas. Fungsi sum aja jadi terlihat rumit :roll:
Well, akhirnya cari tahu gimana caranya menjadikan dari mode R1C1 Reference Style ke mode A1 Reference Style. Dan ternyata caranya sebagai berikut pada excel 2003 :

  • 1. Pilih menu Tools
  • 2. Kemudian pilih Options
  • 3. Pilih tab General
  • 4. Kemudian Uncheck pilihan R1C1 Reference Style

Setelah itu barulah mode tersebut berubah.. :D

Andhy

I like making good quality improvement both for my self and my surroundings. I also enjoy learning something new and sharing my thought with other people.

You may also like...

7 Responses

  1. narpen says:

    woo.. baru tau ada mode ini. enak juga kayanya (cuman mungkin gak biasa aja kali ya?), jadi kaya matriks ya.. row ke berapa, column ke berapa..
    Tenkyu infonya yak, siapa tau kapan2 butuh :D

  2. Andhy says:

    Iya, memang agak ribet dan perlu waktu lama kalo ga terbiasa.
    Silakan di coba kapan-kapan 8)

  3. fikar says:

    kayaknya misteri ms.office, mulai dari word ampe excel, ga bakal abis2. apalagi yg 2007. kadang2 bikin bete sendiri, apalagi klo ada pressure bernama deadline.
    well,thx 4 d’info ^^

  4. andhy says:

    Kalo niat mo nyari sih pasti habis kok. Jangan khawatir :)

  5. made indra says:

    makasih banyak mas, saya juga bingung dengan R1C1 reference style

    setelah saya cari2 di google ketemu deh web nya mas andy, sangat menbantu.

    mungkin R1C1 reference style agak sulit karena kebiasaan aja, tp saya lebih suka menggunakan A1 reference style. :wink:

  6. Tya says:

    tapi pas unchecked yg R1C1 reference style,ada kotak dialog lg. KAtanya “Name cannot resemble the reference”. gimana tuh??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>