Investasi Deposito Syariah

Setelah mempelajari sedikit tentang investasi emas dan pergerakannya, sekarang saya lagi ingin tahu tentang investasi yang lainnya yaitu Deposito Syariah.  Hm..apa sih sebenarnya deposito syariah itu?

Tetapi sebelum sampai sana, lebih baik kita cari tahu apa itu bank syariah terlebih dahulu. Bank syariah adalah bank yang menjalankan bisnis perbankan dengan menganut sistem syariah yang berbasis hukum Islam. Inti sitem syariah ini sebenarnya adalah menghindarkan dari riba, karena di Islam semua bentuk riba itu adalah haram.
Bank syariah tidak menerapkan sistem bunga tetapi menerapkan sistem bagi hasil. Perhitungan bagi hasil didasarkan pada mufakat pihak bank bersama nasabah yang menginvestasikan dananya di bank syariah. Besarnya hak nasabah terhadap banknya dalam perhitungan bagi hasil tersebut, di tetapkan dengan sebuah angka ratio atau besaran bagian yang disebut Nisbah.

Lalu apa itu Deposito Syariah?
Well, menurut BI dalam kodifikasi produk perbankan syariah disebutkan bahwa deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian antara nasabah dengan bank dengan sistem akad yang disebut mudharabah. Lalu apa itu mudharabah?
Mudharabah adalah akad transaksi penanaman dana dari pemilik dana (shahibul maal) kepada pengelola dana (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha tertentu yang sesuai syariah, dengan pembagian hasil usaha antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya.
Jadi misalnya Anda memiliki deposito di bank syariah sebesar Rp 10 juta dengan Nisbah bagi hasil Nasabah : bank = 70 : 30, dan jangka waktu deposito 1 bulan. Maka pada akhir jangka waktu simpanan, bank akan membagi keuntungannya sesuai nisbah dimana 70% didapatkan nasabah dan 30% didapatkan oleh bank. Dengan demikian bisa di lihat sistem bagi hasil ini lebih adil karena jika 70:30 ini merupakan prosentase dari keuntungan dana kelolaan bank, maka ketika keuntungan bank kecil, maka kecil pula bagi hasil untuk nasabah, dan ketika keuntungan bank naik maka naik pula bagi hasil untuk nasabah.

Hm..lalu gimana tingkat keamanan dan tingkat besaran hasil nisbah dari Deposito syariah itu?

Tingkat Keamanan.
Tingkat Keamanan di sini maksudnya apakah dana kita di bank tersebut aman atau tidak.
Well, saat ini semua simpanan masyarakat di perbankan syariah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) . Dengan demikian tabungan sampai 2 Milyar akan aman disimpan di Bank syariah sebagaimana disimpan di bank konvensional lainnya

Tingkat Hasil Bagi.
Tingkat hasil bagi disini maksudnya adalah banyaknya yang didapat hasil dari nisbah setelah habis jangka waktu deposito tersebut.
Berdasarkan data publikasi Bank Indonesia (BI) per Maret 2008, rata-rata realisasi bagi hasil perbankan syariah sebesar 7,38 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan bunga deposito dua bank umum konvensional. Data publikasi BI menyebutkan, realisasi bagi hasil deposito perbankan syariah pada Januari lalu tercatat sebesar 7,49 persen. Sedangkan, realisasi bagi hasil deposito Februari dan Maret lalu masing-masing sebesar 7,5 dan 7,14 persen.
Dibandingkan bank umum konvensional, baik bank umum pemerintah, deposito berjangka waktu satu hingga 24 bulan hanya mencatat kisaran 5,25 hingga 6,25 persen. Sementara, suku bunga deposito di salah satu bank swasta besar di Indonesia berjangka waktu satu hingga 12 bulan berada pada kisaran 5,5 hingga 6,5 persen.
Dengan demikian deposito di bank syariah sudah dapat bersaing bahkan lebih menguntungkan dibandingkan bank konvensional berdasarkan dari data tersebut.

Wew, ternyata gambaran deposito syariah itu seperti itu ya. .

Andhy

I like making good quality improvement both for my self and my surroundings. I also enjoy learning something new and sharing my thought with other people.

You may also like...

37 Responses

  1. nurul says:

    thanks utk penjelasannya ! tapi untuk deposito dana minimal untuk pertama mendeposit ditentukan atau tidak ????

  2. andhy says:

    @nurul
    Sepertinya memang ada minimal untuk deposit

  3. noname says:

    bener. tergantung banknya masing2
    tp rata2 minimal 8juta

  4. Andhy says:

    @noname
    BNI syariah sepertinya bisa dibawah 8jt

  5. deddi susworo says:

    Klo BNI Syariah Deposito Minimal 1jt
    thx

  6. andhy says:

    @Deddi Susworo
    Iya, setelah croschek ke BNi Syariah ternyata emang minimal depositnya 1 jt.
    Thanks untuk informasinya.

  7. udjo says:

    jangan lupa.. beda dengan tabungan, bagi hasil atas deposito tsb dikenakan pajak lho…

  8. andhy says:

    @ Udjo
    Yak, benar sekali. Memang masih dikenakan pajak. Namun tetap saja hasilnya dibandingkan dengan deposito biasa, deposito syariah masih lebih tinggi rate nya.

  9. yan ferdian says:

    Assalamu’alaikum. Sedikit menambah info : Bagi hasil deposito syariah tetap dijamin LPS meskipun besarnya rate diatas bunga penjaminan LPS. Hal ini berbeda dengan bunga Bank Konvensional yakni bila bank tersebut memberikan bunga diatas penjaminan LPS maka bila terjadi problem dengan bank tersebut maka deposito kita tidak dijamin. Mengenai pajak bagi hasil baru dikenakan bila jumlah simpanan diatas 7,5 juta.
    Terima kasih. Wassalam.

  10. andhy says:

    @yanferdian
    Terimakasih atas tambahan informasinya

  11. aristo says:

    Assalam’mulaikum bpk…

    saya mohon bantuannya..karena saya sekarang gy buat TA tentang apakah deposito itu dapat di wariskan dan jika dilihat dari hukum islam, nah saya lagi kebingungan untuk mencari kasus nya dan bagaimana yach untuk identifikasi masalahnya….

    dan juga saya minta reverensi untuk prisip2 dasar dan pokok2 persoalan dalam deposito menurut hukum islam…

    mohon bantuannya yach…

    balesnya ke email saya yach…

    itoh1986@yahoo.co.id

    wassalam….

  12. andhy says:

    kalo advance sampai ke masalah waris saya juga belum tahu :)

    Saya juga baru belajar sedikit-sedikit ttg bank syariah :D

  13. Pengunjung says:

    Kalau bank syariah yangpaling bagus untuk sekarang ini apa ya?

  14. Andhy says:

    Kurang tahu juga sih sebenarnya. Namun kalo berdasarkan hasil googling dengan key “Bank Syariah terbaik 2009″. Sepertinya yang kemarin mendapatkan penghargaan sebagai Bank Syariah terbaik adalah Bank Syariah Mandiri.
    Link beritanya berikut http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1251895122/bank-syariah-mandiri

  15. arief yachya says:

    :-| coba deh liat rate bagi hasil di mandiri syariah; 51% utk 3 bulan, 53% utk 6 bulan, 54% utk 12 bulan> itu apa maksudnya ya? sy sempat iseng tanyakan ke cso mandiri syariah, beliau bilang:”bagi hasil tidak fix selalu seperti itu, tergantung keuntungannya berapa.” beliau tambahkan “coba bandingkan dengan bank konvensional, paling tinggi mereka hanya bisa memberi 6,5-7%, kami bisa mencapai 54% utk deposito 1 tahun” saya tambah bingung. mohon penjelasannya.

  16. Filia says:

    to Arief yachya : itu yg dimaksud dg nisbah. presentase bagi hasil untuk nasabah dan untuk bank. Dibanding bank yg lainnya, BSM memang memberikan persentase yg terbilang tinggi untuk nasabahnya.

  17. Rojana says:

    Mbkash informasinya!

  18. krist05 says:

    ooo.. gitu ternyata. semakin mantap untuk berinvestasi.

  19. yaqin ibno kholil says:

    Assalamy alaikum wr, wb,
    Maaf sebelum nya,
    Saya punyavsedikit pertanyaan,
    Kalau mendepositokan uang di BNI syariah dengan nilai uang sebanyak 50.000.000
    dan di depositokan sepanjang 5 tahun
    berapakah keuntungan bagi hasil yang bisa di terima oleh saya setiap bulan nya,
    mohon penjelasan nya
    dan tolong jelaskan dengan nilai uang rupiah
    karna saya kurang begitu mengerti
    dengan hitungan persen%.

  20. bayu says:

    semua hasil dari bunga uwang adalah haram. riba. orang mau deposito niyatnya pingin bunga itu pasti haram

  21. DP says:

    Kalo tidak salam untuk bank syariah mandiri itu untuk deposito ada yang minimal 2 jt. lebih lanjut ke situs nya langsung saja. uhm…jd pengen invest ne…:)

  22. syafei says:

    Apa perbedaan Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Syariah..?

  23. bunda says:

    lagi menimbang-nimbang mau deposito meski kecil..
    cuma masih bingung kira2 bank syariah mana yang paling bagus ya?

  24. sapto pojonggo says:

    :roll:
    perbedaan Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Syariah :
    kalo Bank Syariah Mandiri “Bank syariah dengan konsep mandiri.
    sedangkan Bank Mandiri Syariah “Bank mandiri dengan kondep syariah.

  25. hopotumon says:

    bunga deposito syariah 7,38% itu per bulan atau per 6 bulan pak?
    :shkhand:

  26. Pauline Kapoh says:

    Kalau saya mendeposito uang 200 juta, berapa bunga yg akan saya dapat setiap bulan nya..saya ambil yg jangka waktu 6 bulan. Trims.

  27. Ratna BTN Syariah says:

    Assalamualaikum wr.wb,

    perkenalkan saya ratna dari bank BTN Syariah Solo..

    kami memiliki produk perbankan syariah dengan tingkat bagi hasil,bonus yang menguntungkan dan bersaing bagi nasabah.

    deposito btn syariah :
    bisa 1 bulan,3 bulan, 6 bulan,12 hingga 24 bulan.
    tidak ada penalti/denda apabila membutuhkan dana segera.
    nisbah 52% (1 bln lama), 58% ( 1 bln lama )

    mari berinvestasi di BTN Syariah, investasi lbh cepat berkembang, aman dan barokah. amin

  28. Ratna BTN Syariah says:

    Untuk deposito bisa mulai dari 1 juta rupiah..kami melayani juga tabungan haji, Giro, Tabungan Batara IB dan Tabungan Prima IB..

  29. kalau saya mau deposito 15 juta dalam jangka waktu 4 th, berapa rupiah yg saya dapat perbulan nya?

  30. Riskyana says:

    maaf, hanya ingin menanggapi atas komen yg mengatakan bunga itu haram dan deposito yg mengharapkan bunga itu haram.

    benar, bunga itu haram.
    tapi syariah menerapkan sistem bagi hasil bukan bunga. jadi tolong dimengerti dulu konsep bagi hasil dan bunga lalu berkomentar demikian. dan kehalalan dana dari bagi hasil tersebut dijamin oleh bank karena bank syariah itu sistemnya berdasar syariat islam.

    kemudian, deposito itu investasi. hanya saja kita menanam investasi lewat bank yg kemudian menyalurkan dana itu untuk investasi yang tepat. gampangnya kita ngasih modal org tapi kita ga ngapa-ngapain (krn mungkin kita ga tau harus investasi ke mn).

    jadi tolong dipahami ya beda “bagi hasil” dan “bunga”. karena itu pengertiannya berbeda. terima kasih.

  31. risky says:

    Deposito di bsm apa dikenakan biaya penalty jikasudah lewat jtuh temponya??

  32. Putrie says:

    org kok ky ga pd sekolah begitu aja pd ga phm hmmmm o_O

  33. ipa paenusah says:

    Saya punya 10 jt .bisakah di depositokan

  34. Dwi says:

    update terbaru, pengalaman saya investasi di BNI syariah Deposito 12bln.
    Dana 100jt, dapetnya sekitar 500rb/bln. Pernah baru 2bln saya tarik semua, tidak kena pinalti, hanya bagi hasil pada bln berjalan tidak diberikan. Cukup menarik dan adil.

  35. zaenal says:

    klo deposite 20 juta kira2 dpat berpa keuntunganya.jika selama 3 bulan.di mandiri syari’ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>