Kuliner Makanan Khas Solo

Di dasari oleh banyaknya teman-teman yang kalau sedang atau akan berkunjung ke Solo bertanya-tanya tentang makanan khas beserta tempatnya di Solo, maka dari itu aku tuliskan saja list kuliner makanan beserta tempatnya yang “menurutku” terkenal dan layak dicoba karena berbagai hal. Sekali lagi ini sangat subjektif “menurutku” saja :D .
Jadi jika lain kali ada teman-teman yang bertanya tentang tempat kuliner lagi, tinggal dikasih saja url halaman ini, he..he.. :D
Berikut adalah list jenis makanan dan tempatnya kuliner di Solo :

nasi liwetNasi Liwet
Nasi liwet adalah makanan khas yang terdiri dari nasi gurih dengan sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan berbagai bahan lainnya yang disajikan dengan alas daun pisang dengan sedikit ditekuk dan disematkan lidi supaya berbentuk kerucut(istilahnya disebut pincukan). Biasanya akan lebih enak kalo makan nasi liwet ditemani rambak kulit. Nasi Liwet yang terkenal di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang tempatnya di Keprabon, Jalan Teuku Umar, (dekat dengan Kraton Mangkunegaran). Warung Nasi liwet Wongso Lemu ini buka pada sore jam 4an sampai jam 2 malam. Oya, biasanya juga ada live musik tradisional dengan kendang, sitter, dan ada sinden yang menyanyi lagu jawa di tempat tersebut.

gudeg cekerGudeg Ceker
Gudeg ceker adalah makanan khas yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan cakar ayam (ceker).
Gudeg ceker yang terkenal di Solo adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang tempatnya di pinggir jalan (trotoar) di daerah Margoyudan (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur). Gudeg Ceker Bu Kasno buka pada malam hari sekitar jam 1 malam sampai pagi jam 5an. Meskipun bukanya malam hari dan tempatnya di pinggir jalan, namun jangan salah, tempat tersebut selalu ramai oleh penikmat kuliner. Oya, informasi juga, supaya masih mendapatkan menu special cekernya, banyak yang menyarankan agar datang sebelum jam 4 pagi karena biasanya setelah jam 4 pagi menu special cekernya sudah habis.

pecelPecel
Pecel adalah makanan yang terdiri dari berbagai sayuran mulai dari bayam, jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi, kacang panjang, dll, yang diberi sambal kacang. Salah satu warung pecel/ rumah makan pecel terkenal adalah Pecel Solo di Jl Dr Supomo No 55, Pasar Mbeling, Mangkubumen, Solo.  Penyajian pecel di sana menggunakan piring yang terbuat dari anyaman bambu yang beralaskan daun pisang. Tapi hati-hati, pas aku ke sana dulu, sambelnya pedes banget :) Oya makanan ini juga lebih mantap kalo dimakan dengan karak (krupuk yang bahannya dari nasi) :D

sate buntelSate (sate buntel)
Sate buntel adalah Sate khas Solo yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak kambing baru kemudian dibakar sehingga disebut sate buntel. Buntel adalah bahasa jawa untuk bungkus. Sate buntel yang terkenal di Solo adalah Sate Haji Bejo di Jl. Sebakung 10 Lojiwetan, tepatnya di belakang swalayan Luwes Sangkrah, di seberang GKI Sangkrah. Warung sate lainnya yang juga terkenal antara lain Sate Kambing Tambak Segaran di Jl. Sutan Syahrir No 39 Widuran dan Sate Kambing Mbok Galak di Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar, Solo.

tengklengTengkleng
Tengkleng adalah makanan olahan dengan bahan dasar daging kambing dan cenderung lebih banyak berisi tulang tulang kambing yang memiliki sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut, jerohan kambing, mata, pipi, kuping, dll yang diolah seperti gulai (berkuah kental) dan bumbunya sangat terasa. Tengkleng yang terkenal di Solo adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer. Dari bahan-bahannya, makanan ini sepertinya kurang cocok untuk yang memiliki masalah kolesterol :D

timloTimlo
Timlo adalah makanan khas Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat.
Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo. Oya, untuk yang bermasalah dengan kolesterol, makanan ini sepertinya kurang cocok juga :D

sotoSoto
Tidak perlu dijelaskan lagi, pasti semua tahu lah tentang soto meski antara daerah yang satu dengan daerah berbeda isinya dan penyajiannya.
Soto yang terkenal di Solo antara lain Soto Triwindu yang terletak di Pasar Barang Antik Triwindu. (dekat dengan Kraton Mangkunegaran) dan Soto Kirana di Jl. M Yamin (tepatnya di depan Masjid Kawasan) Solo, serta Soto Gading di daerah Gading, sebelah selatan Keraton Kasunanan Surakarta. Oya, soto biasanya disajikan dengan nasi dan lebih enak jika makannya ditemani dengan tempe hangat.

baksoBakso
Solo dan sekitarnya adalah asal dari bermacam-macam bakso yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia saat ini. Nah kalo berkunjung di Solo, maka sempatkan juga makan bakso yang merupakan asal dari bermacam-macam bakso di kota-kota Indonesia itu.
Bakso yang terkenal di Solo antara lain Bakso Urat Alex di Jalan Honggowongso, depan Novotel Solo, Bakso titoti yang berada tidak jauh dari Bakso Alex.

mieMie Ayam
Warung Mie yang terkenal di Solo salah satunya adalah Mie Gajah Mas yang terletak di sebelah barat Pasar Gede (dekat dengan Bank BNI). Lokasinya tepat di samping kali pepe. Menu yang ada di sana antara lain mie bakso, bakso kuah, mie ayam jamur, mie pangsit, kwetiau, pangsit goreng, dll. Mie Gajah Mas buka mulai 9 pagi sampai jam 9an malam dan selalu ramai setiap harinya.

Tahu Kupat
Tahu Kupat merupakan makanan yang terdiri dari ketupat, mie basah, taoge/kecambah, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang dipotong-potong, dan taburan kacang goreng. Semua bahan tersebut disajikan dengan bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang yang pas dan bawang goreng. Biasanya juga kalau makan tahu kupat ini bisa ditambah dengan telur dadar dan ditemani kerupuk sehingga lebih mantap.
Tahu kupat yang terkenal di Solo adalah Tahu kupat Sholihin di Jalan Jl. Gajah Mada. Lokasinya disamping Masjid Sholihin. (dekat dengan Stasiun Solo balapan ke arah hotel Sahid)

Serabi atau srabi Notosuman
Serabi atau srabi sebenarnya adalah semacam pancake yang bahan adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya yang kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Srabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit. Letaknya srabi ini di sepanjang Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko srabi notosuman yang terkenal adalah Srabi Notosuman Ny Lidia (kotak bungkusnya warna hijau) dan Srabi Notosuman Ny Handayani (kotak bungkusnya warna coklat/merah).

Bebek Goreng
Bebek goreng yang terkenal di Solo dan sekitarnya adalah bebek Goreng H Slamet di Kartosuro. Alamat lengkapnya untuk yang induk utama (bukan cabang) berada di  Sedahromo Lor RT 01 RW 07 Kartosuro.
Seperti bebek goreng diberbagai tempat, bebek goreng di sana disajikan bersama dengan lalapan dan sambel. Bedanya adalah sambel yang digunakan di bebek goreng H Slamet ini menggunakan sambel korek yang diletakkan pada cobek dari tanah liat.

Galabo (Gladag Langen Bogan)
Gladag Langen Bogan merupakan wisata kuliner malam di Kota Solo yang tempatnya di dekat Tugu Gladag ujung timur dari Jl. Slamet Riyadi, depan Pusat Grosir Solo (PGS). Setiap jam 5an sore, jalan di depan PGS tersebut ditutup dan ramai oleh warung-warung tenda yang menyajikan makanan-makanan khas solo. Hampir semua makanan dan minuman khas solo seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, nasi liwet, dll dapat dijumpai di sana.

Warung Makan Sepanjang JL. Kota Barat Solo (dekat lapangan kota barat)
Di sepanjang jalan Kota Barat kalau sore hingga malam hari menjadi ramai oleh warung-warung kuliner seperti halnya Galabo. Berbagai makanan juga ada di sana seperti nasi liwet, seafood, susu segar she jack, dll. Bedanya, kalau di Galabo, jalannya ditutup untuk tempat makan kalo di sini, jalannya tidak ditutup, hanya pinggir jalannya saja yang dipakai untuk tempat kuliner lesehan.

Warung makan di sekitar Stadion Manahan
kalau di Galabo dan Kota barat adanya pada malam hari, warung makan di sepanjang jalan sekitar Stadion Manahan merupakan pusat kuliner pagi hari hingga siang hari. Banyak warung-warung tempat makan murah meriah dan hampir semua makanan khas solo juga ada di sana. Kalau hari libur seperti sabtu atau minggu, tempat tersebut lebih ramai lagi oleh masyarakat yang berolahraga di sana ataupun yang hanya sekedar melihat-lihat suasana.

Ayam tim Dewi Sri (Ayam tim Bu Better)
Ayam tim Dewi Sri atau yang lebih terkenal dengan sebutan Ayam tim Bu Better merupakan ayam goreng asli ayam kampung yang di tim terlebih dahulu baru kemudian digoreng. Ayamnya disajikan dengan lalapan dan sambal. Ayam tim bu Better tempat utamanya adalah di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Palur, Karanganyar di dekat palang pintu kereta api Palur, namun ada juga cabangnya di dekat lapangan Kota Barat Jl. Yosodipuro Solo.

Ayam Goreng Mbah Karto
Ayam Goreng Mbah Karto terletak di dekat PLN dan Polres Sukoharjo, alamat tepatnya di Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto 8, Depan PLN Sukoharjo (kira-kira 10 Km selatan pusat kota Solo). Ayam Goreng di sini menggunakan ayam kampung muda, istilahnya ayam kampung kemanggang, yang digoreng gurih dan disajikan bersama sambal khas yang berbahan dasar kemiri dengan sedikit cabai merah.

Ayam Goreng Tulang Lunak Bengawan
Letak warung makan ini di dekat Taman Satwataru Jurug dekat dengan sungai Bengawan Solo. Di sana ayam tulang lunaknya di goreng kress dan disajikan dengan lalap dan sambal. Tempat makannya lesehan dipinggir jalan yang teduh di dekat sungai bengawan solo.

Rumah makan Adem Ayem
Rumah makan ini menyediakan hampir segala jenis makanan khas Solo dari Gudeg, nasi liwet, timlo sampai makanan modern. Rumah makan ini buka dari pagi hingga malam. Lokasi rumah makan ini di Jl. Slamet Riyadi 342.

Rumah Makan Kusuma Sari
Rumah makan ini menyediakan berbagai macam makanan seperti selat segar dan gado-gado hingga menu masakan china, steak, serta bermacam-macam ice cream. Letak rumah makan kusuma sari ini di Jl. Slamet Riyadi (dekat dengan perempatan Nonongan).

Rumah Makan Cs Resto
Cs resto sebenarnya bukan tempat makanan khas solo, cuma karena tempatnya yang enak makanya saya masukkan di sini. Resto ini berlokasi di sekitar Manahan dekat dengan balekambang, tepatnya di Jl. MT. Haryono 20 Manahan. Tempatnya luas dengan model gubug/saung dan kolam ikan dibawahnya sehingga cukup nyaman untuk makan bersama keluarga. Kadang-kadang ada juga live musiknya.

Omah Sinten (Update 20 Feb 2011)
Kemarin pas ke Solo mencoba tempat tersebut yang terletak depan Mangkunegaran. Tempatnya nyaman dan dibuat seperti jaman dulu. Makanan dan minumannya pun juga ber-genre jaman dulu juga namun dengan harga sekarang.. Saat ke sana kami cuma minum dan makan makanan ringan saja sambil menikmati suasananya.

Selat Solo (Update 22 Feb 2011)
Selat Solo atau steak Jowo merupakan jenis makanan beefsteak (bistik) yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok untuk lidah dan citarasa orang Jawa. Makanan ini adalah perpaduan antara budaya barat dengan budaya Jawa yang isinya antara lain daging iris dan beberapa sayuran segar seperti daun selada,rebusan buncis, kentang goreng, wortel iris rebus, telur rebus, tomat dan mustard yang kemudian disiram dengan kuah semur daging. Salah satu warung selat yang terkenal di Solo antara lain selat solo Mbak Lies yang lokasinya di Serengan.

Yak untuk sementara ini dulu yang ditulis, nanti kalau ada yang recomended lain, halaman ini akan diupdate lagi. Oya, kalo Anda punya referensi lain, silakan dituliskan di kolom komentar, nanti saya tambahkan ke halaman ini juga.

Andhy

I like making good quality improvement both for my self and my surroundings. I also enjoy learning something new and sharing my thought with other people.

You may also like...

59 Responses

  1. dari sekian menu khas solo, saya paling suka menu nasi liwetnya, mas. jadi kangen nih. kapan ke solo lagi, ya?

  2. andhy says:

    @sawali, saya juga suka nasi liwetnya mas. Silakan dicoba-coba kalo lagi ke Solo :shkhand:

  3. html1155 says:

    info kuliner solo yang lengkap mas,
    bisa jadi referensi kalau ke solo..

  4. situsonline says:

    ummhhhh,ngiler deh…!laper jadinya! :-P :twisted:

  5. situsonline says:

    Jauh mas,PIngin x jalan2 tapi hepeng na lagi blm bs di bagi.! :-P :-?

  6. puspa says:

    wah jadi laper nich..heheh :-D

  7. RIZAL says:

    Udah nyoba BEBEK GORENG SANGAN pake sambel lombok ijo? Uenak… di resto Bebek Goreng dan Ayam Kampung “WARUNG MIRI”, jalan RE Martadinata sebelum SMA3 kanan jalan
    kalo males pergi delivery aja call 2145858, biasanya bebek sangan pake sambel bawang merah tapi aku sukanya minta sambel lombok ijonya lebih pas tapi minta aja dua sambel hehehehehe

    • andhy says:

      @Rizal, Aku belum nyoba. Itu menggoreng bebeknya dengan cara di sangan atau gimana ya?
      Anyway, thanks infonya, nanti kalo pas pulang ke Solo kalo sempat tak mampir. :shkhand:

  8. jarwadi says:

    solo memang surga bagi pecinta kuliner, terutama kuliner yg khas, sebagaimana di kota tetangga jogja

    hehehe

    • andhy says:

      @jarwadi, Anda benar. Saya sebenarnya beberapa kali juga mencoba kuliner di jogja, cuma baru sedikit tempat yang saya coba jadi belum berani nulis :)

  9. choirul says:

    ternyata mie ayam tidak terlewatkan ya…. itu makanan kesukaan saya dimanapun berada

  10. lha iya ta, jaan wong menu sak mono mbane ko rasane ra ono sing tak tolak ya, huenak kuabeh!. maturnuwun infone

  11. kayaknya perlu dicoba nih 8)

  12. adin says:

    paling terkenal nasi liwet, tapi saya belum pernah nyoba nih malahan

  13. 3sna says:

    WAaaaa… saya lagi kangen makanan solo, malah disini ngasih liat makanan solo huhuhu… duh itu ayam goreng mbah karto… enak euuyy… kapan ah ntar wiskul ke solo lagi… (((sekarang turunin berat badan dulu))) hehehe… :lol:

  14. Kamal Hayat says:

    Pokoknya mak nyus, saya juga penggemar wisata kuliner….

  15. wien says:

    gudeg ceker…uhuuiyy mantab deh :)

  16. Irawan says:

    Wah, langsung tersaji list makanan yang populer di solo… mantap!!!

  17. zhanaz45 says:

    Banyak banget mass kalah donk ama di makassar tempat tinggal kuw..

  18. wini says:

    rencana tgl 30 juni nanti aq mo ke solo.. .waduh..mana dulu ya yg musti di cobain…?? :-P

  19. Aq paling suka nasi kucing khususnya nasi kucingnya pak sakir depan TBS dan di kepatihan. Suasanane enak banget apalagi kikil bakare…..

  20. win perry says:

    kok nggak ada yg nyebut2 cabuk rambak dan sate kere ya… hehehe

    saya orang solo asli, tapi lepas sma sampai sekarang merantau terus dan selalu pulang tiap lebaran atau kalau ada perlu.. dan celakanya semua yg tersebut di tulisan di atas selalu ikutan libur atau sepi pas lebaran…

    makanya paling enak ambil cuti pas hari biasa, dan puas2in makan tengkleng di depan pintu utara pasar gedhe, 10 ribu saya bawa pulang jadi sepanci!!!

    atau intip (di depan thengkleng tsb), agak mahal dibanding penjual lain, tapi bumbu gulanya lengkap dan tidak ada yg bisa menandingi rasanya…

  21. win perry says:

    oh ya koreksi ya, tengkleng itu tdk berkuah kental seperti gulai, tapi santan bening… dan kaya rempah2 utk ngilangin bau anyir daging/tulang/jerohan kambing.

    kalau di jakarta memang bisa jadi kental santannya.

    Terus soal bakso, itu seperti identik dgn solo, dan bisa saya pastikan bahwa bahkan yg di pinggir2 jalan, gerobak dan tenda biasa di sembarang tempat pun enak!

    Kalo yg disebutkan di atas itu mungkin seperti bakso kadipolo yg bertaburan dimana2 (gading depan luwes, jl. dr rajiman dkt pintu barat klewer), kartosuro, dll…

    oh ya mau nanya dong, bebek goreng haji slamet itu sama dgn yg di jl casablanca, kuningan (dkt ITC/Mall Ambasador) nggak ya?

    • Andhy says:

      @fazar, untuk yang tipe hik-hikan, saya dulu seringnya di Susu Segar Shi Jack. Oya, Thanks tambahan Infonya. :shkhand:

      @win perry, terimakasih atas koreksinya. Untuk cabuk rambak dan sate kere memang tidak saya sebutkan :) . Kalau Begor H Slamet memang sekarang sudah buka cabang di mana-mana. Apakah sama atau tidak saya kurang tahu. Untuk di Jakarta sendiri saya lebih sering ke begor Suryo di deket blok S. Jadi belum pernah mencoba begor Slamet. :shkhand:

  22. jodi says:

    hahaha
    mari di cek sate kere Yu Rebi :-| belakang stadion sriwedari ataupun angkringan Mbah Gandul :( di laweyan serta bakso :mrgreen: patung kuda belakang manahan :-D di jamin mantafz :idea:

  23. solo leker says:

    kalau ke solo jangan lupa dicoba juga Solo Leker nya…. Leker juga makanan khas solo sejak jaman dahulu kala, kami mencoba melestarikan makanan khas solo ini yang hampir dilupakan. kalau belum sempat ke Solo di beberapa kota juga ada

  24. YUNI says:

    :twisted: :) waaaah q pengin timlonya kangen makan,pasti seeeeedap……?

  25. mince says:

    :( pingin cepetan mudik..muda2han ga pada libur habis lebaran

    • Andhy says:

      @solo leker, Saya malah lupa pernah makan leker atau belum :)

      @Yuni, jeroannya yang saya kurang suka dari teamlo :shkhand:

      @Mince, kalo pas hari H nya si bisa jadi pada libur :)

  26. Diana Putranto says:

    Kok Soto Trisakti didaerah Kalilarangan n Bakso Remadja yg juga didaerah Kalilarangan ga ada? Boleh dicoba juga, nasi kare n soto daging di deket perempatan Pasar Kembang. Tapi bukanya mulai jam 21.00 keatas. Nama warungnya Warung Soto Top Fourty…

  27. kins says:

    Disekitar carrefour juga klo malam sepanjang Japan banyak warung tenda,atau klo hari minggu penuh seperti bazar gitu..oh ya,ayam goreng Dan gurame goreng Pak cipto juga mantab tu,yg di telukan,grogol.

  28. sigit says:

    Sebetulnya masih banyak yg tidak dicantumkan, misalnya ada mie thoprak, dawet gempol pleret, cabuk rambak, dll. Pokoknya kalau makanan khas Solo memang banyak dan enak…

    • Andhy says:

      @sigit, terimakasih untuk tambahannya. Saya sendiri kebetulan tidak terlalu suka makanan tersebut sehingga tidak saya cantumkan/rekomendasikan ke orang lain :)

  29. tiyangatmojo says:

    Baksonya mantabbb, nasi liwetnya maknyusss….

  30. bambangEKO says:

    perlu trus di update stiap saat mas krn banyak yg sdh berubah baik lokasi maupun trend nya, spt soto kirana sek sdh pindah lho, juga ada soto yg slalu waiting list bangku yaitu soto mbhok giyem kidul kreteg panularan ato lor makro tipes…

  31. lisa says:

    kok waroeng mbok marni solo ga da,padahal mkn diwaroeng mbok marni tu enak banget,,,,,

  32. desinta bahara says:

    solo emang masakannya enak2,. sekali coba langsung ketagihan, kemaren habis nyobain srabi notosuman dan timlo solo, lusa saya nyobain sate ayam tanpa lemak di Waroeng Mbok Marni, jga sama enaknya, disamping daging satenya yang lembut bumbunyapun gag hilang dari lidah saya,. :shkhand: :shkhand:

  33. lisa says:

    wah mba desinta bahara pernah makan di Waroeng mbok marni y, sate tanpa lemak itu setauq jd menu favoritnya mbok marni, pantes ja langsng ktagihan cz awal2 aq jg pesen itu..:Daq twna jg dari temenq ciech sbenere alo menu sate ayam tanpa lemak itu menu favoritnya mbok marni :-D

  34. yanuar says:

    kalau es gempol dmana gan.. dh lama nggak minum nich.. ??

    update yang lebih jadul lagi..

    salam kenal :)

  35. winda says:

    Masakan solo ok punya
    Dawet pasar gede kok ngak tercantum ya
    Bakso rusuk palur juga lom ada

  36. rohull says:

    sate kambing n tahu kupat bos :-)

  1. October 14, 2010

    [...] Sewaktu berangkat, kami menyempatkan melewati kampung Notosuman terlebih dahulu untuk membeli Srabi Notosuman sebagai cemilan selama di perjalanan. Jenis srabi yang kami beli adalah srabi gulung campur, yaitu [...]

  2. July 5, 2011

    [...] kuliner. Kuliner makanan khas Solo memang sangat banyak seperti yang sudah pernah dibahas pada posting terdahulu. Saat kami ke sana, maka kamipun tidak ketinggalan makan masakan-masakan khas tersebut. Kali ini [...]

  3. September 4, 2011

    [...] Di sini tempat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat kuliner penuh sesak. Kemarin untuk makan nasi liwet di daerah Keprabon aja harus muter dua kali baru mendapat tempat parkir. Jalan-jalan ke Solo Grand [...]

  4. December 3, 2011

    [...] terkenal di Solo antara lain selat solo Mbak Lies yang lokasinya di Serengan.Original Source at: http://andhysukma.com/kuliner-makanan-khas-solo/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. This entry was posted [...]

  5. December 25, 2012

    [...] (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur) Original Source at: http://andhysukma.com/kuliner-makanan-khas-solo/ 3.PECEL Pecel adalah makanan yang terdiri dari berbagai sayuran mulai dari bayam, jantung [...]

  6. March 19, 2013

    [...] Original Source at: http://andhysukma.com/kuliner-makanan-khas-solo/ [...]

  7. September 21, 2014

    […] File Name : Kuliner makanan khas solo | andhysukma.com Source : andhysukma.com Download : Kuliner makanan khas solo | andhysukma.com […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>