Memahami QR Code

QR code adalah suatu symbol yang merupakan matrik dua dimensi kode informasi yang berfungsi menyimpan informasi tertentu. Informasi yang disimpan didalam QR Code tersebut ditujukan untuk dapat saling ditukar informasinya dengan cepat antar berbagai device. “QR” dalam QR code ini merupakan kepanjangan dari Quick Response sehingga pemberian nama iniĀ  sangat sesuai dengan fungsinya yang digunakan untuk tukar-menukan informasi dengan cepat dan mendapatkan respon hasil informasi yang cepat jua. QR Code ini dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Denzo Wave, tahun 1994.
Sebenarnya QR code ini mirip dengan Barcode. Perbedaanya adalah jika Barcode hanya menyimpan informasi di satu sisi, maka QR code menyimpan informasi di dua sisi. Pembagian menjadi dua sisi ini berfungsi untuk memperbayak jumlah informasi yang dapat disimpan dan sekaligus sebagai media correction error.

Kapasitas informasi yang dapat disimpan dalam QR code sesuai dengan data di website denso wave adalah sekitarĀ  7.089 data numerik dengan rincian adalah sebagai berikut :

  • QR-Code Data Capacities Numeric only : Max 7,089 characters
  • Alphanumeric : Max 4,296 characters
  • Binary (8 bits) : Max 2,953 bytes
  • Kanji, full-width Kana : Max 1,817 characters

Informasi yang disimpan di QR Code bisa berupa url, email, nomer telpon, kartu nama, dll. Untuk website atau koran, QR Code biasanya menyimpan url atau alamat suatu website. Hal ini ditujukan jika pembaca ingin melihat website atau berita via mobile device, maka ia tidak perlu menuliskan alamatnya di mobile device, tetapi cukup mendecode code QR code tersebut dengan cara men-scan QR code tersebut melalui QR code reader pada mobile device. Oya, kehebatan lain dari QR Code adalah bahwa QR code ini dapat dibaca dari segala arah dengan hasil yang sama. Hal tersebut dapat dilakukan karena adanya simbol kotak pada sisi gambar QR code. Kemampuan dapat dibaca dari segala posisi ini sangat penting untuk menghindari kesalahan baca akibat salah posisi saat men-scan QR Code.

Pada Blackberry Javelin, untuk men-scan QR code ini dapat dilakukan via Blackberry Messenger dengan memilih menu Scan a Group Barcode. Setelah itu tinggal diarahkan ke gambar QR code saja nanti secara otomatis akan di decode sendiri dan muncul informasi hasil decode-ya. Salah satu contoh QR code yang mengandung informasi alamat website adalah gambar QR code yang ada di website ini. QR code ini memiliki informasi berupa URL http://andhysukma.com . Selain itu, pada Blackberry Messenger, QR Code biasanya digunakan untuk tukar menukar contact PIN Blackberry messenger atau invite contact ke Group dengan cara scan QR code yang ada di dalam Blackberry messenger.

More on AndhySukma.com :

My New Gadget BB Javelin
Kirim File via Bluetooth ke BB Javelin dari Ponsel lain
Upload foto dari Blackberry ke Flickr
Ubuntu 12.04 pada Laptop HP 2230s
Membuat USB Installer Win 7 dengan Win 7 USB DVD Download Tool
Format-format E-book
Printscreen Layar Blackberry

3 thoughts on “Memahami QR Code

  1. informasi yang menarik, sebagai orang yang bukan pengguna BB saya masih bingung, itu cara scanningnya di foto atau setelah dibuka aplikasinya lalu bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>