Mengatasi Drive DVD Rom Laptop tidak terdeteksi

DVD RomSudah sekitar dua bulan ini laptop dengan layar 14 inch Compaq Presario V3000 Widescreen dengan RAM 2.5 Giga yang sudah betahun-tahun biasa dipakai istriku, drive DVD RW rom internal laptop tersebut tidak muncul di folder My Computer (OS Windows XP). Dulu kalau tidak salah ingat, Drive DVD rom ini pertama kali hilang ketika memutar salah satu file di DVD dan saat itu entah mengapa DVD rom tiba-tiba tidak mau membaca file secara automatis dan juga DVD disknya tidak bisa dikeluarkan meski sudah ditekan tombol pembuka open pada DVD roomnya maupun di tekan tombol eject dari drive DVD tersebut di My Computer. Saat itu laptop di restart dan ternyata setelah booting selesai, drive DVD nya hilang dari My Computer. Akhirnya saat itu untuk mengeluarkan DVD dari DVD roomnya digunakan ujung klip yang dipanjangkan dan dicolokkan pada lubang kecil pada DVD rom hingga DVD rom terbuka dan DVD disk nya dapat diambil. Saat itu menurutku mungkin memang DVD rom nya sudah rusak mengingat usia laptop yang sudah lebih dari masa komersialnya.

Kemarin aku iseng mengecek lagi kondisi DVD Rom tersebut apakah benar-benar rusak atau tidak. Kalau benar-benar rusak nanti mau dibawa ke reparasi laptop atau mungkin malah dijual ganti baru saja. Seperti seolah-olah seorang detektif di film-film Eropa, lengkap dengan peralatan Mc Giver-nya :roll: , aku mulai menginvestigasi tiap bagian mulai dari BIOS dan jerohan software OS nya. Dari dua hal di atas, dapat disimpulkan bahwa fisik hardware DVD rom tidak terdeteksi sedangkan drivernya komplit dan tidak bermasalah. Aku cek fisik hardware tersebut dan didapatkan bahwa DVD rom masih bisa dibuka dengan menekan tombol open di penutup DVD rom dan masih bisa memutar saat dimasuki DVD (ada suara memutar). Dari sini maka aku berasumsi bahwa DVD rom tersebut masih bisa digunakan dan belum rusak. Oleh karena itu, didapatlah asumsi akhir hasil dari generalisasi kedua hal di atas yaitu kemungkinan besar permasalahan ini disebabkan oleh fisik hardware DVD rom yang mungkin kurang pas masuk slotnya pada motherboard laptopnya. Untuk membuktikan asumsi tersebut kemudian dalam keadaan laptop mati, aku tekan-tekan DVD rom ke arah dalam secara hati-hati dengan tujuan agar slot DVD rom lebih masuk ke slot konektor di motherboard laptopnya. Kemudian laptop dinyalakan lagi dan tebak apa yang terjadi dari efek di atas??? Yak, tepat sekali, ternyata drive DVD rom muncul lagi. :idea:
Well, saatnya menguji asumsi lebih lanjut apakah DVD rom tidak rusak dengan cara memencet tombol open pada penutup DVD rom dan ternyata membuka, kemudian dimasukkan sebuah CD film dan memutar film tersebut ternyata bisa juga. Yap..ini artinya asumsi awal tentang kondisi DVD rom tersebut tidak rusak ternyata benar, okelah kalo begitu :-D
Jadi kalau seandainya anda mengalami masalah DVD rom tidak terdeteksi yang kondisinya mirip dengan yang aku alami, maka jangan langsung buru-buru dibawa ke tempat repasi laptop. Coba dulu ditekan-tekan DVD romnya untuk memastikan slot DVD rom masuk ke slot matherboardnya dengan tepat. Siapa tahu dengan cara ini masih bisa terdeteksi lagi seperti yang aku alami, tetapi tentu saja jika ada resiko yang terjadi ya silakan tanggung sendiri, ya. :shkhand:

Andhy

I like making good quality improvement both for my self and my surroundings. I also enjoy learning something new and sharing my thought with other people.

You may also like...

43 Responses

  1. Cahya says:

    Berarti dari awal memang masalah koneksi :).

  2. Zippy says:

    Jadi intinya, telitilah terlebih dahulu :-D
    Jangan langsung buru2 berasumsi kalo DVD Roomnya rusak :-D

  3. situsonline says:

    heheh tak pernah kupakai :-? :!: :-P :wink:

  4. saya juga kemaren baru habis bongkar laptop. Sebelum di bongkar DVD room baik-baik saja. Sekarang malah gak bisa sama sekali. :(

  5. masyhury says:

    Menyeramkan!!
    Semoga saya gak akan menemukan masalah seperti itu. Lagi pula saya sangat jarang pake mutar dvd di laptop.. :D

    • andhy says:

      @bukan detikcom, Sampe bongkar-bongkar segala ya. Harus dirunut satu-satu tuh kalo begitu.
      @masyhury, kadang kala slotnya jadi longgar karena sering goyang-goyang pas dibawa.

  6. sibair says:

    Dan biasanya cdroom ini perlu di pukul dulu mas biar bisa :D

  7. bdangkal says:

    hikmahnya adalah saya diingatkan untuk teliti dan bekerja lebih hati-hati. 8)

  8. budies says:

    weh pengalaman menarik, bisa diingat-ingat, siapa tahu kena musibah serupa, makasih berkunjung di blog saya

  9. kalo saya bermasalah dengan mouse. ga bisa klik kiri.. :-x :mrgreen: :-P :sad: :hei: :evil: :hammer: :-o

  10. mekka says:

    :) :( saya ngalamin bgtu,,tapiii cd ga bertahann lama baru muter dikit blm jga kbaca lgsg kluar lagi?

  11. Sodiq says:

    udah cukup lama cdrom compaq v3000-ku cdromnya gak ke detect. Dulu pernah berhasil pake rekomendasi teman2 yg delete upper/lower filter. Tapi beberapa bulan yg lalu, cdromnya gak ke detect lagi. Coba delete upper/lower filter tapi gak berhasil. Udah lama browsing cari rekomendasi perbaikan tapi gak ada yang berhasil.
    Malam ini, aku iseng cari key cdwom laptop gak terdeteksi, muncullah website ini. Aku coba pake cara cdrom ditekan masuk, berhasil …
    Terima kasih atas sharingnya bro… :idea:

  12. Leo says:

    Bro Thank’s ya sarannya gua punya Laptop hp DVDRW Kirain matot gua teken balik normal :idea:

  13. bisma says:

    kenapa ia dvd rom di laptopku kalau dibuka dari windows mesti klr lagi, tp klo d linux dvd romx mau bkrja. udah aq install ulang nanti pertama2 bisa n klo dpt bbrapa kali shutdown muncul masalah gtu lge. kr2 kenapa ia? ada yg bs membantu?

  14. Inge says:

    Mas Andhy, saya mau tanya bagaimana cara check BIOS dan jerohan software OS nya seperti yang Anda lakukan ? Bisa kah beri step-step nya.
    Karena saya juga sedang menghadapi masalah yang sama. Terima kasih :roll:

  15. yeyyy says:

    TQ banget share nya !! jago kk !!!

  16. puje says:

    Wah.. Spek laptop n Masalahnya kembar identik ama ane. Barusan ane coba teken2 jg tp ky kurang afdol, lanjut aja bawah laptopnya ane getok2 sambil ngikutin musik di TV hehe..
    Hasilnya.. JRENG JREEENGG!!!
    Muncul lg DVD-RAM drivenya hhe

    Thx pencerahan patromaxnya :D

  17. liveniping says:

    Gan, saya coba dulu ya… kejadiannya sama persis nih,..

    Pertama nggak bisa muter karena ngopy kaset (sialan) dari rental.. Eh, dvd roomnya nggak bisa buka :( .. Setelah itu, malah nggak detek sama sekali dvd n cd yang masuk… barusan udah coba2 masukin pelan2 n pukul2 belakangnya… tapi masih nihil… nanti saya kasil laporan lagi,.. :-D

  18. dwi says:

    Waah saya juga ngalami hal ini :( bngung..nekan2 nya gmn? mother board itu apa?:( ga ngerti apa2 masalah laptop nih :(( :sad:

  19. Afrila says:

    THANKZ BGT,,,,,,,,,, KIRAIN ADA MASALAH DG HARDWARE ATO SOFTWARENYA,,,,
    EH TRNYATA STELAH DVD ROOMnyA TAK TEKAN KE ARAH DALAM, BISA BRFUNGSI NORMAL KEMBALI,,, :)

  20. hyunrii says:

    dvd akuu tuhh rusaak atau nggak yaa?
    ada yng bisa jawab ngk?

    giini nih masalahnnya , aku baru aja pake dvd di leptopku selama 5 hari,tp stelah hari ke 5 ini kok tiba tiba kaset dvd yg mau aku tonton ngk bsa dibaca lgi yaa?

    apa ada pengaruh karna aku sering pause ?

    please yang tau di kasih tau cara perbaikkinnya :) :wink: :-?

  21. hyunrii says:

    ayoodongg yang tau carannya kasi tau dong klo udh kaya gini akuu nangis trus…

    bru 5 hari pke dvd di laptop ehh tiba tiba cdnyaa ngk dibaca lagi,truss kebuka sndiri dvd nya :((

  22. daramanis says:

    saya punya laptop acer 4750 G yang juga tidak bisa memutas cd/dvd, bagaimana cara mengatasinya

  23. mang panga says:

    om mau nanya dvdrom ana muncul tapi gak bisa dipake,buat instal juga gak bisa,tapi muncul,laptop ana toishiba l510-s407 mungkin om da solusi mohon bantuannya terima kasih sebelumya…mang panga

  24. mang panga says:

    os laptop ana win7 32bit,maksudnya muncul diatas terdeteksi namun gak bisa digunakan

  25. usman says:

    Makasih mas bro atas ilmunya… :)

  26. Nafis says:

    thankssss bangettt.. super duper tips!!
    :)

  27. febrian says:

    laptop saya nggak ke baca kasetnya truslangsung keluar aja
    ksh pencerahannyadong

  28. anonymous says:

    cara neken buat ngepasin ke motherboardnya gimana mas…?

  29. gan, saya dah coba, cuman saat kita press tombol di dvd room nya yg di laptop, slot dvd nya tidak mau membal keluar, gmn cara cek colokan dvd room ke mother board nya yah? btw, thanks yah info nya :)

  30. kuhaku says:

    hahaha aneh sekali semua urutan kejadiannya sama dengan yg saya alami…XD

    *dan thank’s gan,laptop saya bener lagi….^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>