My New Gadget BB Javelin

Yup, kemarin ikut undian BB Javelin di kantor dan Alhamdulillah beruntung mendapatkan BB Javelin dengan harga 2,9 Jt (Harga pasaran sekarang 4 Jt). Berikut sekilas catatan tentang BB Javelin itu hasil dari memakai selama 3 hari.
Secara umum, BB Javelin merupakan nama lain untuk jenis Blackberry Curve 8900 keluaran RIM. Ketika membuka bungkusannya, ternyata buku manualnya sungguh sangat sederhana sehingga agak susah untuk menggunakannya jika sebelumnya belum pernah memegang. Conectivitas BB Javelin ini hanya EDGE namun di support dengan wifi dan Bluetooth. Layarnya beresolusi 480 x 360 pixel sehingga cukup bagus untuk menampilkan gambar. Kamera yang tertanam di BB ini ternyata 3,2 MP dengan lampu flash dan fitur semacam white balance, contrast, zoom, dan brightness sehingga sudah bisa menghasilkan gambar yang fair jika digunakan untuk mengambil gambar.
Ketika ponsel ini aku masukkan simcard simpati, ternyata hanya mucul gprs (tulisan kecil) dan menurut buku manual yang ringkas tersebut jika cuma tulisan kecil maka tidak bisa digunakan untuk akses data. Akses data hanya bisa dilakukan jika yang muncuk adalah GPRS (huruf besar). Setelah Tanya temen yang sudah memakai, ternyata didapatkan informasi bahwa bila daftar paket blackberry semacam BIS atau BES, maka tulisan itu akan besar dengan sendirinya. Well, okelah kalo begitu. Akhirnya aku mencari-cari informasi BIS di website www.telkomsel.com dan memutuskan menggunakan BIS unlimited harian dulu karena cuma ingin mencoba seberapa powerfull ponsel ini. Harga perharinya 6000 dan akan diperpanjang secara otomatis setiap jam 23.00. Cara daftarnya cukup dengan mengirimkan sms bbhari ke 333 dan kemudian akan didapatkan sms balasan untuk mengetik BB ON dan kirim ke 333. Setelah itu ternyata benar bahwa tulisan gprs (kecil) berubah jadi GPRS (besar) dan pas di coba browsing ternyata lancar jaya dengan kecepatan yang menurutku lumayan.
Kemudian setting push mailnya. Push mail yang aku set adalah untuk email gmail dan yahoomail. Keduanyanya berhasil, namun untuk gmail masalah muncul karena yang dipush ternyata yang ada di inbox saja. Untuk yang diberi label dan di skip dari inbox ternyata tidak langsung muncul..
Setelah itu, selanjutnya mulai menginstall aplikasi-aplikasi. Aplikasi yang aku install adalah sebagai berikut :
BBM (Blackberry Messenger)
Ini adalah aplikasi untuk chatting dengan pemilik BB lainnya dengan cara meng add pin BB pengguna. Cara add PIN BB nya bisa dengan manual diasukkan PIN tersebut atau bisa juga dengan cara scanning barcode lewat aplikasi BBM tersebut.
YM  (Yahoo messenger)
Aplikasi ini untuk chat dengan id email yahoo kita. Tampilan YM di BB cukup bagus dan enak digunakan. Emoticon yahoo juga muncul di aplikasi ini.
Gtalk
Aplikasi ini untuk chat dengan id email gmail kita. Tampilannya mirip dengan tampilan gtalk di laptop lengkap dengan emoticonnya juga.
Google map
Aplikasi ini adalah MAP dari google untuk menggantikan MAP nya BB yang menurutku kurang menarik. Dengan gabungan antara GPS yang default ada di BB dan Google map membuat posisi peta jadi semakin presisi meskipun tidak tepat 100%.
Facebook
Aplikasi ini untuk mengakses facebook dari BB. Agar notifikasinya masuk ke BB, maka email yang digunakan untuk login ke facebook harus di push juga ke BB. Jika tidak, maka notifikasi apakah ada komen baru atau sejenisnya tidak muncul dibagian notifikasi.

Untuk ketahanan batre juga lumayan kuat karena waktu di charge full di pagi hari, dan sekitar jam 9 malem masih 2 bar padahal digunakan buat download bermacam-macam dan YM gtalk BBM serta push mail hidup terus.

Yak sekian dulu review nya karena belum explore lebih jauh. nanti ditambah lagi setelah explorasi lagi :)

More on AndhySukma.com :

Kirim File via Bluetooth ke BB Javelin dari Ponsel lain
Upload foto dari Blackberry ke Flickr
Membuat USB Installer Win 7 dengan Win 7 USB DVD Download Tool
Screen Snap : Print Screen Layar Ponsel Symbian
Tes posting blog dari BB
Ubuntu 12.04 pada Laptop HP 2230s
Format-format E-book

4 thoughts on “My New Gadget BB Javelin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>