Tentang SMS Spam & Filter SMS

Pasti kita sering tiba-tiba ringtone ponselnya berbunyi tanda ada sms masuk namun ternyata sms tersebut adalah sms spam yang menawarkan kredit dan semacamnya bahkan sebagian sms model penipuan.
Yak, fenomena tersebut sangat banyak terjadi yang kemungkinan besar salah satunya disebabkan murahnya biaya berkirim sms. Inilah contoh nyata bahwa gratis dan murah itu tidak selalu membawa kebaikan pada pelanggan. Jadi menurut saya sebaiknya harga sms itu dikembalikan saja ke harga 350 rupiah per sms seperti pada lima atau enam tahun yang lalu atau bahkan lebih mahal lagi. Saat itu meskipun sms spam sudah ada namun tidak sebanyak sekarang ini karena harganya yang masih lumayan mahal.

Selain biaya SMS yang murah, harga kartu perdana yang juga sangat murah ikut andil dalam mempermudah pekerjaan spammer. Dia dengan mudah dan murah bisa ganti kartu untuk mengirim sms spam ke target yang dia tuju. Jadi kombinasi dari murahnya harga sms dan murahnya kartu perdana merupakan duet maut yang cukup memanjakan para sms spammer.
Ini dapat dibuktikan dengan mudah kalau anda memiliki program semacam pemfilter sms yang menggunakan rule blacklist nomor MSISDN untuk memfilter sms yang masuk. Jadi jika ada sms spam masuk dan kemudian nomor MSISDN tersebut Anda masukan dalam MSISDN blacklist maka Anda akan mendapati fakta bahwa MSISDN yang sudah Anda blok itu tidak akan pernah digunakan lagi namun si spammer masih tetap mengirim sms spam sejenis dengan MSISDN lainnya. Itulah fakta yang aku jumpai dari sekitar dua minggu terakhir.
Coba bayangkan jika harga kartu perdana itu misalnya 100 ribu per kartu seperti era tahun 2000an dulu, sudah pasti para spammer akan berpikir berulang-ulang untuk ganti-ganti kartu dalam mengirim spam.

Sebenarnya ada solusi untuk memblok sms spam yang berganti-ganti nomor MSISDN seperti ini yaitu dengan cara menggunakan program filter sms yang menggunakan rule whitelist. Jadi defaultnya semua sms akan difilter kecuali dari nomor yang dimasukkan di whitelist. Namun rule seperti itu kadang menjadi bumerang kalau ada sms yang penting dan dikirim dari nomor baru yang blm masuk ke whitelist pasti ga masuk.
Anyway melihat banyaknya sms spam akhir-akhir ini, mungkin cara inilah yang paling efektif dilakukan meskipun ada kelemahannya.

More on AndhySukma.com :

Catatan Ubuntu 11.10 di Netbook HP Mininote 2140
Banyak Web tanpa versi Mobile
Dari Fantastico ke Softaculous
kilobit vs kilobyte
Selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1431H
Kereta Api Express Malam Bima
Ketakutan Kampanye lewat SMS tidak berdasar!

2 thoughts on “Tentang SMS Spam & Filter SMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>